Dalam Lingkaran Ukhuwah


Bismillah

Sungguh menghayati nilai nilai islam sangat nyaman, kita disatukan dalam suatu ikatan ukhuwah (persaudaraan) yang menghancurkan berbagai belenggu nasab, etnis, dan ras. Ikatan ini membentuk lingkaran tidak berujung dan menaungi kedewasaan masing masing insan membentuk generasi pertama (sahabat), generasi tabiin, dan generasi berikutnya. 

Sungguh lingkaran ukhuwah itu masih ada sampai dengan saat ini. membentuk generasi generasi muda yang berjalan dalam barisan penuh idealisme dalam semangat membawa nilai nilai keislaman. Membumikan Al-Qur’an dalam kehidupan. 

Tetapi, virus keraguan terkadang menghantui sepaket dengan sifat egois dan semangat fanatisme kelompok/kelembagaan yang mulai dipupuk oleh jiwa-jiwa yang penuh dengan kecemburuan, kecurigaan, hingga kekecewaan. Dalam lingkaran ukhuwah terkadang bisa bertransformasi menjadi dalam lingkaran jamaah (dalam arti sempit) bahkan bisa jadi berubah menjadi dalam lingkaran kelompok. Naudzubillah

Perpecahan adalah keniscayaan jika terjadi transformasi pengkerdilan istilah ukhuwah ini. Lingkaran yang terbentuk bukan lagi lingkaran ukhuwah yang essensial tetapi menjadi lingkaran-lingkaran kepentingan. Terkadang lingkaran ini bersembunyi dan tersembunyi dalam balutan kerahasiaan. Lingkaran lingkaran perlahan menumbuhkan rasa ketidakpercayaan dalam persaudaraan. Sehingga melahirkan bentuk interaksi baru yang tidak dilandasi oleh ukhuwah tetapi lebih kepada interaksi dengan kesamaan kepentingan. interaksi inilah adalah selemah lemahnya hubungan. 

Berhati-hatilah, berbaik sangka secara cerdas, dan perdalam keilmuan serta perbanyak amal. Semuanya akan kembali pada prinsip semua kedekatan pada mahluk (include: manusia) mengikuti kedekatan kepada Sang Khaliq. 

Iklan

Perihal At-Thulab
simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: