Ayo Bersuci: Macam macam air-(1)


Bismillah

Islam mengajarkan cara hidup bersih karena islam adalah agama yang syumul. Seorang muslim harus senantiasa menjaga kebersihan diri. Pernahkah terbesit dalam pikiran saudara bahwa kenapa dalam pelajaran pertama fiqih islam yang pertama kali diulas adalah mengenai masalah kebersihan/bersuci (thaharah)?, hal itu dikarenakan karena dalam islam sangat menekankan pola hidup bersih baik jasmani maupun rohani. karena kebersihan adalah sebagian dari iman sebagaimana dijelaskan “Kesucian adalah setengah iman.” (HR Muslim).

Mengingat begitu pentingnya arti dari bersuci dalam islam maka saya akan mengulas mengenai macam macam air. karena air adalah salah satu instrument/ alat yang digunakan untuk bersuci. sebelum masuk kedalam macam-macam air (berdasarkan kedudukan) maka sebelumnya akan saya jelaskan mengenai beberapa air yang bisa digunakan untuk bersuci.

secara umum dan dalil diketahui bahwa air yang boleh digunakan untuk bersuci ada tujuh yaitu;

1. Air hujan

2. Air laut

3. Air sungai

4. Air Sumur

5. Air mata air

6. Air Salju

7. Air embun

adapun dalil-dalil yang menjelaskan ketujuh point diatas adalah sebagai berikut:

  • dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu (Al ayat, Al-Anfal(8): 11)
  • Hadist Riwayat Abu-Hurairah ra, dia berkata bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rasulullah SAW, ” Ya Rasulullah, kami pernah berlayar di lautan dan membawa sedikit air. Jika berwudhu dengannya, kami akan kehausan. Bolehkah kami berwudhu dengan air laut ?” Rasulullah bersabda: Laut itu suci airnya dan halal bangkainya”  (HR. Imam hadist yang lima) derajat hadistnya hasan sahih loh..hehe
Adapun macam macam air (berdasarkan kedudukannya maka air itu terbagi atas 4, yaitu;
  1. Air suci dan menyucikan serta tidak makruh untuk bersuci, disebut air muthlaq
  2. Air suci dan menyucikan akan tetapi makruh untuk bersuci, disebut air musyammas
  3. Air suci namun tidak menyucikan, disebut air musta’mal
  4. Air najis, yaitu air yang bercampur dengan benda najis dan jumlahnya tidak sampai 2 qullah atau sepadan dengan 190 liter bro

adapun dalil yang menjelaskan yaitu;

1. Dasar kesucian air muthlaq adalah dari Abu Hurairah ra, dia berkata bahwa seorang arab badui kencing di masjid. kemudian orang orang menghapirinya untuk menghardiknya (memperingatkannya dengan perkataan dan perbuatan). Maka Rasulullah bersabda ” biarkanlah dia dan siramkanlah seember air di tempat kencingnya itu. sesungguhnya kalian diutus untuk menjadi orang orang yang memudahkan, bukan menjadi orang orang yang menyusahkan

sedikit intermezo… saya sangat terkesan dengan perkataan Rasulullah ‘”Sesungguhnya kalian diutus untuk menjadi orang- orang yang memudahkan” alangkah indahnya dunia ini jika setiap insan di dunia ini memiliki prinsip hidup seperti ini ( tentunya dalam kebaikan ya!!)

2. Air musyammas adalah air yang dipanaskan dalam bejana logam dengan memakai panas matahari. sebab kemakruhannya adalah karena bisa menyebabkan penyakit kusta.

3. Air musta’mal adalah air yang telah dipakai (bekas) untuk menghilangkan hadats. dalil kesuciannya adalah hadist dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda; ” Janganlah salah seorang diantara kalian mandi di air yang tergenang (tidak mengalir) ketika dalam keadaan junub. Para sahabat bertanya, ” Wahai Abu Hurairah, apa yang harus dilakukan?” Dia menjawab, ” Orang tersebut harus mengambil air seciduk demi seciduk.”

hadist ini menunjukkan bahwa mandi di ari tersebut akan menghilangkan kesuciannya. Termasuk air suci namun tidak menyucikan adalah air yang berubah karena bercampur dengan benda-benda suci lainnya, seperti : garam, misk, air kelapa, karena tidak bisa dinamakan air lain.

4. Mengenai air yang jumlahnya tidak sampai 2 qullah dalilnya seperti, dari Abdullah bin Umar, dia berkata; Saya mendengar rasulullah bersabda ketika beliau ditanya tentang air yang berada di padang pasir yang diminum oleh hewan hewan. Beliau menjawab. ” Jika airnya mencapai dua qullah, maka ia tidak mengandung najis

Tulisan ini dibuat ketika menunggu dosen MTP tercinta

semoga tetap sabar dalam menuntut ilmu… 🙂

Air

Air

Iklan

Perihal At-Thulab
simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: