Nasehat Rasulullah kepada Ibnu Abbas


Bismillah

Dibawah ini adalah nasehat yang disampaikan Rasulullah kepada Ibnu Abbas yaitu ketika beliau (Ibnu Abbas) berada di belakang Rasulullah SAW.

Wahai Pemuda, (Sesungguhnya) aku akan mengajarkanmu beberapa kalimat

“Jagalah Allah niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah niscaya kamu akan mendapati Dia di hadapanmu. Jika kamu meminta maka mintalah kepada Allah. Jika kamu meminta pertolongan minta tolonglah kepada Allah. Ketahuilah seandainnya semua umat berkumpul untuk memberikanmu sesuatu manfaat, maka mereka tidak dapat memberikanmu manfaat kecuali dari apa yang Allah tetapkan untuk dirimu. seandainnya merekapun berkumpul untuk membahayakanmu dengan sesuatu , maka mereka tidak akan dapat membahayakanmu  kecuali dari apa yang Allah tetapkan atas dirimu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran lembaran telah kering”  (Sunan,Hadist Hasan-Shahih, Imam Tirmidzi)

“Jagalah Allah pasti kamu akan mendapatkan-Nya dihadapanmu. Ingatlah Allah di waktu kamu senang pasti Allah akan mengingatmu di waktu kamu susah. Ketahuilah bahwa apa yang semestinya tidak  meninpamu tidak akan menimpa kamu dan apa yang mesti menimpamu tidak akan terhindar darimu. Ketahuilah bahwasanya sesungguhnya kemenangan ada bersama kesabaran. Dan bahwasanya bersama musibah ada kelapangan dan sesunggunya sesudah kesulitan ada kemudahan” (Musnad, Imam Ahmad)

Hadist ini memiliki sanad yang shahih-hasan.

*Ya Rabb, Jauhkanlah Hambamu ini dari segala bentuk kemusyrikan….

Sumber: Musnad Imam Ahmad, dan Sunan Imam Turmidzi

Iklan

Perihal At-Thulab
simple

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: