Lebah Dengan Segala Kenikmatan yang Diberikan Kepadanya…


Bismillah

Maha besar Allah dengan segala kenikmatan dan ilmu pengetahuan yang di hamparkan kepada kita. Ada beberapa hewan yang dimuliakan oleh allah hingga binatang tersebut dijelaskan dalam Al-Qur’an. Sungguh tiada yang sia-sia dalam Al-Qur’an melainkan manfaatnya yang banyak. Salah satu hewan yang dijelaskan dalam Al-Qur’an tersebut adalah Lebah.

cara hidup lebah.

Lebah (famili Apidea) adalah salah satu hewan jenis Insecta yang banyak dikenal oleh manusia sebagai  salah satu hewan yang bermanfaat. begitu banyak manfaat dan pelajaran yang bisa diambil dari Lebah hingga Allah memuliakannya dengan menjelaskan hewan ini dalam Al-Qur’an agar insan-insan yang berpikir mengambil ibrah dan pelajaran atasnya.

Lebah hidup secara berkoloni dengan satu lebah ratu yang memimpin koloni. Satu koloni lebah dapat berjumlah 20.ooo sampai 60.ooo lebah. kemudian lebah yang hidup secara berkoloni tersebut membuat satu sarang besar yang terdiri atas bangun bagun heksagonal yang menyatu menjadi satu. cara pembuatan sarangnya membuat para ahli arsitektur dan teknologi kagum terhadap lebah. para lebah membuat sarangnya bukan dari inti sarang akan tetapi para lebah membuat sarangnya dimulai dari sisi-sisi pinggir sarang hingga terakhir bagian tengahnya.membuat kagum para ahli arsitektur dan teknologi adalah keakuratan dari bentuk heksagonal yang dibuat dan bentuk sarang yang mustahil akan rapi bila salah perhitungan. karena para lebah membuat sarangnya dari sisi-sisi pinggir. akan tetapi yang terjadi adalah keakuratan arsitektur hingga tidak terdapat kesalahan dalam bentuk sel heksagonal ataupun adanya tambahan yang merusak kerapian dari konstruksi yang sempurna. kemudian alasan dari bentuk heksagonalnya menurut para ahli adalah bentuk yang paling optimum/efektif dalam penggunaan ruang sehingga ruang tersebut terpakai secara keseluruhan.

Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia. (QS. An-Nahl, 16:68)

kemudian untuk menemukan sumber sari madu maka para lebah menggunakan semacam penanda dan bahasa tarian yang memudahkan lebah lainnya mendapatkan sumber sari madu tersebut. para lebah selalu senantiasa bekerja dan apabila ada ancaman maka dengan serentak para lebah akan menyerang sumber ancaman tersebut secara bersama sama.

Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan. (QS. An-Nahl, 16: 69)

berikut adalah beberapa manfaat yang bisa diambil dari lebah.

1. dipakai sebagai media pengobatan dalam dunia kedokteran dengan sarana sengatannya.

2. lebah dipakai untuk penyerbukan alami oleh para petani bunga dan buah

3. lebah bisa diternakkan sehingga para peternak bisa mendapatkan manfaat berupa madu

4. lebah menghasilkan madu yang dapat mengobati berbagai macam penyakit ( diantaranya : Darah tinggi, darah rendah, reumatic, kencing manis, kolesterol, disfungsi ereksi, sakit kepala, sulit tidur/insomnia, asam urat, lambung, penyakit pencernaan, dan masih banyak lagi khasiatnya)

5. Madu yang dihasilkan dapat mempercantik kulit dan merawat kulit.

6. dapat dipakai sebagai pemanis makanan yang menyehatkan.

sehingga dari pemaparan di atas dapat kita ambil berbagai hikmah dan pelajaran diantaranya

1. lebah mencerminkan cara hidup sosial yang baik yaitu dengan berkoloni dan membuat sarangnya secara bersama sama ( gotong royong dan kerja sama ).

2. lebah pekerja selalu mengikuti lebah ratu mencerminkan rakyat yang taat kepada pemimpinnya.

3. lebah senantiasa mencari sari madu ( pekerja keras )

4. lebah membuat sarangnya dengan perhitungan yang tepat ( bekerja dengan baik, tepat, benar, dan analitik )

5. lebah selalu mengambil dari tempat yang baik dan berada di lingkungan yang baik/tidak kotor ( mencerminkan bahwa manusia harus mendapatkan rezekinya dari pekerjaan yang baik dan halal / bisa juga mencerminkan bahwa manusia harus makan makanan yang baik dan halal )

6. lebah memiliki manfaat bagi bunga yang dihinggapinya ( mencerminkan bahwa manusia harus memiliki manfaat bagi orang lain dan lingkungan sehingga menjadi rahmatan lil ‘alamin )

7. lebah tidak menimbulkan kerusakan bagi tempat yang dihinggapinya ( mencerminkan bahwa manusia dalam kehidupannya tidak menimbulkan berbagai kerusakan )

8. lebah mengambil sari secukupnya ( mencerminkan bahwa manusia harus menjauhi sikap serakah, tamak, dan berlebih-lebihan/ boros )

9. lebah memiliki komunikasi yang baik ( mencerminkan bahwa manusia harus berkomunikasi dengan baik dengan sesamanya )

10. lebah senantiasa menjaga sarangnya dari segala macam ancaman ( mencerminkan bahwa manusia harus senantiasa secara bersama sama untuk menjaga keamanan lingkungan/ negaranya dari berbagai kejahatan/ menciptakan kondisi yang aman bagi lingkungan. kemudian hal lain yang bisa diambil oleh manusia adalah lebah senantiasa menjaga kehormatannya(sarang) sehingga apabila ada yang mau merusak kehormatannya maka lebah akan mempertahankan kehormatannya secara mati matian)

11. lebah senantiasa menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat ( mencerminkan bahwa manusia harus menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat yang sifatnya jangka panjang dari apa yang ia lakukan atau hasilkan )

lebahsarang lebah

Alhamdulillah 🙂

Iklan

Perihal At-Thulab
simple

2 Responses to Lebah Dengan Segala Kenikmatan yang Diberikan Kepadanya…

  1. Amirul Husni says:

    Assalamualaikum…sungguh hebat ciptaan ALLAH SWT…ALLAH Maha Bijaksana Lagi Maha Mencipta…Ciptaan-NYA tidak pernah dan tidak akan cacat cela….Terima kasih ya sahabat…Semoga ALLAH SWT meredaai mu ..Insyaallah…tq kerana ilmu yg kmu sampaikan tentang lebah itu…sungguh menarik…

    • arifdjuwarno says:

      Ya akhi, sama sama… SubhanaLLAH atas ciptaan Allah SWT…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: